Selamat Datang di Sistem Data dan Layanan Sejahtera Bersama Bupati ( SIDAYA SEHATI KABUPATEN BANGKALAN )

Sehati Menyapa

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. SEHATI memiliki tujuan terwujudnya Bangkalan religius, sehat dan sejahtera, SEHATI hadir bersama masyarakat Kabupaten Bangkalan bertekad untuk mewujudkan "Sejahtera Bersama Masyarakat Bangkalan (SEHATI)". Pada situasi pandemi (COVID-19) berbagai ikhtiar dan gotong royong dilaksanakan pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Bangkalan untuk saling melindungi dan bangkit baik dari aspek kesehatan, ekonomi dan sosial budaya.
SEHATI terus bergerak secara berkesinambungan bersama masyarakat mulai 24 september 2018 sampai saat ini. Percepatan, ketepatan dan peningkatan kualitas menjadi keniscayaan, sehingga SEHATI melalui SLRT mengembangkan kolaborasi dan integrasi dalam bingkai SIDAYA SEHATI (Sistem Data dan Layanan Sejahtera Bersama Bupati).
SIDAYA SEHATI adalah pengejawantahan dari optimalisasi pelayanan publik, dorongan model partisipatoris, gerakan gotong royong organik serta pemanfaatan teknologi. Desain sistem tersebut diharapkan mempercepat tercapainya Sejahtera bersama Bupati di Kabupaten Bangkalan.
SALAM SEHATI...
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

SINERGITAS SIDAYA SEHATI

Sinergitas Sidaya Sehati adalah upaya kolaboratif dalam melibatkan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta untuk menghimpun seluruh data penerima bantuan sosial, sekaligus mengintegrasikan dengan data DTKS Mandiri pada sistem Aplikasi Sidaya Sehati. Lebih lanjut Sinergitas ini diharapkan dapat dilakukan melalui Optimasi data Sidaya sehati sebagai single data base calon penerima manfaat bantuan sosial, sehingga kedepannya bantuan dapat tepat sasaran dan tidak ada penerima yang terlewat atau menerima bantuan ganda.

Organisasi pemerintah daerah yang terlibat dalam Sinergitas Sidaya Sehati antara lain: Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana, Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan.

Integrasi layanan sidaya Sehati Lintas OPD

DTKS mandiri yang dimiliki oleh dinas sosial kabupaten Bangkalan, merupakan data yang sangat potensial untuk dijadikan data sasaran program penanggulangan kesejahteraan sosial sesuai dengan kondisi kemiskinannya. Aplikasi sidaya sehati dalam perkembangannya diharapkan dapat di integrasikan dengan berbagai layanan kesejahteraan sosial pada lintas organisasi pemerintah daerah bangkalan sesuai dengan tupoksi instansi yang membutuhkan.

Pengembangan yang telah dilakukan yaitu integrasi sidaya sehati dengan sistem layanan pada Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, serta Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman
Kunjungi
Dinas KB, PP dan PA
Kunjungi
Dinas Pendidikan
Kunjungi

Layanan SLRT Mandiri

Layanan SLRT Mandiri ditujukan untuk menggalang dan mempermudah akses partisipasi publik maupun rumah tangga sasaran (Partisipatoris) untuk melakukan pelaporan maupun informasi tentang kepesertaan di BIAKES MASKIN, JAMPERSAL, DTKS, serta PPKS. Pembiayaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin (BIAKES MASKIN) adalah program kesejahteraan kesehatan di kabupaten bangkalan bagi masyarakat miskin yang tidak ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). JAMPERSAL adalah pelayanan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan jaminan persalinan/pengobatan. DTKS adalah layanan data masyarakat yang masuk dalam sasaran program perlindungan sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia. PPKS adalah layanan terhadap 26 (dua puluh enam) sasaran penyandang kesejahteraan sosial. Melalui layanan SLRT Mandiri berbasis aplikasi diharapkan dapat meningkatkan ketepatan sasaran serta memastikan bahwa tidak ada satupun sasaran rentan yang tertinggal (no one left behind).

Layanan Cek Kepesertaan DTKS

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah data induk Kementrian Sosial Republik Indonesia (Update Tahun 2020) yang memuat data penduduk sasaran program perlindungan sosial antara lain :

  • Program Keluarga Harapan (PKH)

  • Penerima Bantuan Beras Sejahtera (RASTRA)

  • Penerima Bantuan Non Pangan Tunai (BNPT)

  • Penerima Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

  • Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP)

  • Bantuan lain yang bersumber dari APBN melalui Kemensos

Untuk pengecekan tekan tombol Cek DTKS, masukkan NIK tekan tombol Cek Data. Apabila data penduduk dengan NIK yang dimasukkan ada dalam DTKS akan muncul NIK, Nama, Tempat/Tanggal Lahir, dan Keterangan Bansos.

Layanan DTKS Mandiri

SLRT merupakan sistem layanan yang membantu proses Identifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, serta memantau progres penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik dalam upaya menghubungkan mereka dengan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan sesuai dengan kebutuhan.

Inovasi untuk meningkatkan kinerja SLRT adalah dengan mengembangkan model, sistem dan aplikasi untuk melakukan verifikasi klarifikasi terhadap rumah tangga yang masuk dalam DTKS dan atau usulan dari layanan SLRT mandiri secara terintegrasi pada SIDAYA SEHATI. Aplikasi DTKS mandiri terdiri dari instrumen yang disusun berdasarkan karateristik kesejahteraan lokal maupun akademik, serta aplikasi input pengelolaan dan penyajian data yang terintegrasi dengan data di Dispenduk Capil Kabupaten Bangkalan.

Layanan PPKS Mandiri

Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) adalah perseorangan, Keluarga, Kelompok, dan / atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan sehingga tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Sasaran PPKS sebanyak 26 sasaran dimana memerlukan pelayanan baik jasmani, rohani maupun sosialnya. Sidaya Sehati memberikan pelayanan database PPKS di Kabupaten Bangkalan secara nyata dan berkelanjutan.

Testimoni Pelayanan

Galeri Video

Kontak Pengaduan

Apabila ada kendala tentang aplikasi atau ingin memberi saran tentang pelayanan silahkan hubungi kami.